Pages

Subscribe:

Tips Merawat Printer

Printer adalah perangkat output yang biasanya seperangkat dengan komputer. Agar kerja printer optimal kita harus merawat printer. Ada beberapa tips agar printer bekerja secara optimal dan yang terutama awet, dalam hal ini kita tidak memandang merk yang penting printer.
Tipsnya yaitu

1.        Bila tinta sudah habis segera diisi ulang. Keterlambatan pengisian akan mengakibatkan headnyakering. Bila kering masih juga dipakai buat nge-print, akibatnya catrid harus diganti.
2.       Printer jangan dibiarkan terlalu lama tidak dipakai. Minimal 7 hari sekali buat mencetak. Ini untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada nozzle head disebabkan oleh tinta yang mengering.
3.       Minimal kertas yang digunakan adalah kertas yang memiliki ketebalan 70 gr. Jangan pakai kertas buram, karena kertas buram tekstur kertasnya berserabut, sehingga mudah untuk menempel ke catrid.
4.       Gunakan tinta dengan kualitas yang bagus untuk refill. Jangan asal memilih tinta. Di pasaran banyak tinta yang rendah kualitasnya. Apalagi tinta yang biasanya digunakan untuk infus printer.
5.       Jika printer tidak dipakai, sebaiknya dimatikan saja printernya.
6.       Waktu mengganti/refil tinta, hati-hati. Catrid sensitif terhadap tegangan.
7.       Jika waktu mengeprint hasilnya putus-putus, atau tidak seperti biasanya, segera cek tinta di dalam catrid, masih ada atau sudah habis. Jika habis segera isi ulang. Jika masih ada berarti catrid perlu dirawat. Lakukan cleaning melalui software bawaannya.
8.        Meski head cleaning bagus, namun jangan terlalu sering. Jika terlalu sering akan mengakibatkan head menjadi aus.
9.       Sebaiknya kertas disimpan dalam tempat khusus. Supaya debu tidak menempel di kertas. Jika debu menempel dikertas, akibatnya waktu nge-print debu akan menempel ke catrid dan mengakibatkan lubang catrid tersumbat debu.
10.    Untuk mematikan printer, sebaiknya jangan langsung mencabut kabel power. tetapi gunakan tombol on/off, supaya adaptornya awet

Semoga bermanfaat dan saya doakan semoga Printer Anda awet.
Amin!!!

0 comments:

Post a Comment